Rabu, 15 Februari 2012

Penanganan Muatan


PENANGANAN MUATAN
SOAL ANT IV- III
Broken stowage adalah prosentase ruang muatan yg tdk terisi oleh muatan karena bentuk & jenis muatan tsb.
Stowage plan adalah suatu bag, kpl. dimana muatan ditempatkan, dilengkapi data tujuan, jml, berat muatan serta pelb. muatnya masing2.
Stowage faktor adalah jumlah ruangan effectif dalam m3 yg digunakan utk memadat muatan seberat 1 ton.
 Full & Down adalah suatu keadaan dimana kapal dimuati hingga seluruh ruang muat penuh & mencapai sarat maximum yg diijinkan.

Syarat2 peti kemas

-        Secara fisik mempunyai sifat2 yg tetap & hrs cukup kuat utk dpt digunakan berulang kali.
-        Dilengkapi peralatan khusus shg mampu utk di pindah2 kan dr satu jenis alat pengangkutan lainnya dng cepat & mudah.
-        Dirancang sedemikian rupa shg mudah utk diisi barang & mudah utk mengosongkan
Bay adalah tanda nomor membujur mulai dr depan ke blkg dng catatan no. ganjil utk cont. 20 kaki, genap utk continer 40 kaki.
Row adalah tanda nomor melintang dimulai dr tengah & di lihat dr arah blkg,
-        Ke kanan – Row 01,03,05, 07,09 dst.
-        Ke kiri – Row 02,04,06,08, 010 dst.
Tier adalah tanda nomor tegak dimulai dng angka2
-        On deck → Tier 82,84,86,88.
-        On hold → Tier 02,04,06,08.
FCL/FCL (Full Continer Load)
Adalah cont yg berisi muatan milik satu shipper.
LCL/LCL (Less than Cont Load)
Adalah container yg berisi muatan milik beberapa shipper.
Guna peranginan diatas kapal :
-        Mengalirkan udara bersih/ kering ke dlm ruang palka.
-        Mengeluarkan udara lembab, kotor, panas, bau dsb dr ruang palka.
2 macam peranginan di kpl :
1.    sistem alam, biasanya berbentuk leher angsa bekerja berdasarkan tekanan udara di dalam ruang muat dan di luar.
2.    sistem buatan, di sebut juga ventilasi mekanis karena udara kering di masukan ke dlm palka secara paksa dg bantuan alat lain.
Salah satu cara peranginan :
Dng meletakkan corong korsel ke dua2 nya ke bawah angin jadi ruangan tetap dingin karena panasnya di ambil. Cara ini tergantung udara luar.





Sebuah kpl berada di Banjarmasin dng dencity 1,008 & sarat awal = 6,477 m, dengan data kapal :
Displ            = 15240,75   ton.
TPC rata-rata   =       18,50   ton.
Summer draft   =         7,315 m.
Ditanya : Brp ton muatan max
               agar tdk over draft.
Jawab :
DWA = FWA x Bj laut – Bj payau
                        Bj laut – Bj tawar
       = Displ  x  Bj laut – Bj payau
            40.TPC  Bj laut – Bj tawar
         = 15240,75 x 1,025 – 1,008
            40x18,50    1,025 – 1,000
         = 20,60 x 0,68
         = 14,00 cm.
summer draft    =   731,5   cm

tropic corr        =     15,24 cm

tropic draft       =   746,74 cm

dwa                  =     14,00 cm

sarat rata2 akhir =   760,74 cm

sarat rata2 awal           =   647,70 cm

selisih sarat     =   113,04 cm
perubahan berat
= 113,04 x 18,50           = 2091,24 t.
muatan maximun yg dpt dimuat
= 2091,24 ton.
Sebuah kpl mempunyai sisa daya angkut = 1200 ton, dek agen disediakan muatan kpl berupa peti2 sebanyak 2500 ms ton ( 1 ms ton = 1,08 m3 ) setiap peti mempunyai vol. = 0,648 m3 dng berat 304,8 kg.
Jelaskan dng perhitungan, apakah muatan tsb dpt dimuat seluruhnya? Bila tdk, berapa ton sisa muatan yg tdk dpt dimuat?
Jawab :
Vol. Yg diperlukan peti = 2500 x 1,08
                            = 2700 m3
SF muatan = 1 x 0,648 m3
                   0,3048 ton
                  = 2,1 m3/ton.
Volume       = berat x SF
                 = 1200 x 2,1
                 = 2520 m3
Berat      = Volume = 2700
                     SF        2,1
              = 1285,7 ton.
Vol. Tdk cukup/kurang = 180 m3
Muatan tdk dpt dimuat semua = 1285,7 – 1200 = 85,7 ton.
Muatan yg tidak dapat dimuat = 85,78 ton.
Stowage plan adalah suatu bagan kpl. dimana muatan ditempatkan, dilengkapi data tujuan, jumlah, berat muatan serta pelabuhan muatnya masing2.
Tentative stowage plan adalah rencana awal pemuatan yg sifatnya apabila terjadi perubahan muatan masih bisa dilakukan.
Final stowage plan adalah rencana pemuatan akhir.
Yg dimaksud mempunyai daya angkut 600 TEU’S adalah sebuah kapal Container mempunyai daya angkut 600 unit peti kemas ukuran 20 kaki (feet).
Persiapan memuat muatan berat diatas Geladak
-        Kekuatan geladak hrs diperhitungkan utk dpat menahan muatan.
-        Siapkan peralatan melasing muatan tsb.
-        Atur spy muatan diatas geladak tdk mengganggu navigasi kpl dari anjungan.
5 Prinsip pemuatan :
1. Melindungi ABK & buruh.
   - agar mereka selamat dlm melaksanakan kegiatan dengan menggunakan alat keselamatan kerja secara benar.
2. Melindungi kapal.
   - agar kapal tetap selamat selama muat bongkar maupun dalam pelayaran, misalnya menjaga stabilitas kapal.
3. Melindungi muatan.
   - Pada waktu muat, bongkar & selama dlm pelay   muatan hrs ditangani secara baik utk mencegah kerusakan muatan.
4. Muat & bongkar scr cepat & sistematis.
   - Adanya rencana pemuatan & bongkar (stowage plan) menggunakan ruang muat semaksimal mungkin.
5. Penggunaan ruang muat semaksimal mungkin.
   - Dalam melakukan pemuatan hrs diusahakan agar semua Ruang terisi penuh oleh muatan/kpl dpt muat sampai max.
Kegunaan dr Dunnage/terapan :
-        Sebagai alas pada lantai palka.
-        Sebagai pemisah antara muatan.
-        Sebagai pemisah antara dinding palka dng muatan.
-        Untuk membentuk terowongan aliran udara/ lebar antara tumpukan muatan.

Sebuah kpl dg DWT = 6.096,3 t, mempunyai BB = 609,63 t, FW & air ballast = 609,63 t, perbekalan sebanyak = 406,42 t, kapal tsb memiliki palka dng vol. Masing2 :
Palka    I  = 1.416    m3.
Palka   II  = 1.699,2 m3
Palka  III  = 1.699,2 m3
Palka  IV = 2.263,6 m3
Akan dimuati peti SF=0,5574 dan Gencar SF=2,787.
Ditanya : berapa ton masing2 muatan pada tiap palka agar kpl Full & Down sesuai konstruksi kpl
Jawab :
Cargo DWT =
 6096,30 – 609,30 – 609,63 – 406,42
= 4470,62 ton.
Ruang Effectif = 1416+1699,20+1699,20+2265,60
=7080 m3.
     A       +    B       = 4470,62    x 2,787
0,5574.A+2,787.B = 7080          x 1

2,787.A   + 2,787.B = 12459,617
0,5574.A + 2,787.B =   7080        -
2,2296.A +     0       =   5379,617
                                      2,2296
                            A = 2412,817 t.
     A        + B = 4470,62
2412,817 + B = 4470,62
B = 4470,62 – 2412,817
   = 2057,803 ton.
Palka I   : A = 1416 x 2412,817
                      7080
                    = 482,5634 ton.
                B = 1416 x 2057,803
                       7080
                   = 411,5606 ton.
Palka II  : A = 1699,2 x 2412,817
                        7080
                   = 579,0761 ton.
                B = 1699,2 x 2057,803
                      7080
                   = 501,0727 ton.
Palka III = Palka II :
               A = 579,0761 ton.
               B = 501,0727 ton.
Palka IV :
A = 2412,817 – 482,5634 – 
       579,0761 – 579,0761
    = 772,1014 ton.
B = 2057,803 – 411,5606 –   
      501,0727 – 501,0727
    = 644,097 ton.

Mengatur peranginan palka :
-        Berikan ventilasi jika kelembaban udara di dalam palka lebih besar dari kelembaban udara luar.
-        Berikan ventilasi jika titik embun udara didalam ruang palka lebih tinggi dari titik embun udara luar.
-        Hindarkan ventilasi jika kelembaban udara di ruang palka lebih kecil dari kelembaban udara luar.
-        Hindarkan ventilasi jika titik embun udara di ruang palka lebih rendah dari titik embun udara luar.
Hubungan kelembaban udara palka (relative humidity) dengan peranginan palka : Bahwa air yang timbul didalam ruang palka sudah jenuh, yang skhirnya timbul kondensasi.
Ullage adalah jarak tegak dari permukaan cairan di dalam tangki hingga tank top.
PRE – SLING adalah persiapan tali-tali (sling) sebelum melansing muatan.
Hitung stowage faktor dari muatan-muatan berikut ini :
a. Muatan peti2 an ukuran 1,25 m
    x 0,5 m x0,25 m dng berat 250     
    kg tiap peti.
b. Muatan drum Ø 0,6 m,  tinggi =
    1m,  dng berat 400 kg tiap drum
Jawab :
                    1
a. SF =                      x V tiap peti 
             Brt tiap peti
                    1
         =                       x 0,156 m3
                  0,25
         =  0,62

b. V drum = p . r² x t
                = 3,14 x 0,3² x 1
                = 0,28 m³
                  
    SF =   ( 1: berat tiap drum ) x V tiap drum 
                    1
         =                       x 0,28 m3
                   0,4
         =  0,7

2 jenis ukuran continer : ukuran 20 feet & 40 feet.
Keuntungan continer :
-        Muat bongkar dpt dilakukan dng cepat.
-        Kerusakan barang yg di angkat dpt ditekan sekecil mungkin.
-        Kehilangan (pencurian) dpt ditekan sekecil mungkin.
-        Pengawasan (control) baik oleh pemilik barang, pengirim barang maupun penerima barang lebih mudah.
Kerugian Container :
-        Pengoperasian lebih mahal.
-        Harus dtangani tenaga ahli.
-        Memerlukan penanganan khusus.

9 class muatan berbahaya sesuai solas 1974
-        Eksplosive (bahan peledak)
-        Gas yg dimampatkan.
-        Inflamable liquid (cairan yang mudah menyala)
-        Inflamable solid or substances (benda padat yg mudah menyala)
-        Oxodixing substances (zat yg mengandung zat asam)
-        Aktif berbahaya.
-        Radio Aktif substances (zat radio aktif berbahaya).
-        Zat corrosive = zat bahan penyebab karat.
-        Semua zat yg berdasarkan pengalaman memiliki sifat berbahaya, misal : calcium, oxida, aluminium nitrad, pupuk organik.

Maksud dari segregation table :
Dengan memisahkan muatan dari Pelb. bongkar yg berbeda dng menggunakan jaring (net) yg tipis tetapi cukup kuat, sehingga jelas bagi yg membongkar akan terhenti pada waktu akan melampaui jaring pemisah tsb.

Sebuah kpl tiba di pelb. dng remaining space 2000 m3 & cargo DWT 1500 t, akan dimuat plywood SF=2,5 se-banyak2 nya dng BS=  10%.
Hutung :
 a. Jml Play wood yg dpt dimuat.
 b. apakah kpl F&D ? jelaskan.
Jawab :
R.space            = 2000 m3.
BS=10% x 2000 =   200 m3.
V Effectif                      = 1800 m3.
Berat = =  1800  = 720 t.
            SF       2,5
a. Jml play wood     = 720 t.
b. Kapal tidak Full & Down, masih ada sisa bobot 780 ton.
Ruang muat sudah habis terpakai tp belum mencapai sarat max yg diijinkan/ full but not down.

Faktor2 utk membuat stowage plan
-        Berat & jenis muatan.
-        Pelabuhan bongkar utk masing2 muatan, serta pelabuhan muat.
-        Bentuk muatan & jumlahnya.
Hatch List adalah daftar muatan yg sudah dimuat di kapal.
Bay Hatch adalah bagan muatan continer secara membujur, melintang & tegak membujur ditandai dng nomor Bay, mulai dari depan ke belakang, dng cetakan nomor ganjil utk ukuran continer 20 kaki, genap utk ukuran continer 40 kaki, melintang dng ditandai nomor Row dimulai dari tengah & dilihat dari arah belakang.
Syarat2 peti kemas sesuai ISO :
1.    Mengenai ukuran & berat bruto suatu continer, meliputi : kode, tinggi, lebar, panjang & berat maksimum continer & cargo.
2.    Mengenai sarana pengangkutan nya dng metode kunci putar (twis lock) yg dipasangkan pada sudut–sudutnya utk kepentingan mengangkat.
3.    Mengenai pemberian merkah –merkahnya meliputi nomor kode, nomor seri, tanda pemilik, berat maksimim pada tempat tertentu yang mudah dikenal.
4.    Continer hrs dpt disusun se- banyak 6 susun dlm keadaan full load tanpa menunjukkan perubahan2 berarti.
TEU (Twenty Feet Equivalent Unit) adalah unit padanan peti kemas ukuran 20 kaki.
FEU (Fourty Feet Equivalent Unit) adalah unit padanan peti kemas ukuran 40 kaki.
Kapal tiba di Pelb. dng sarat rata2 5,5 m dng remaining space 1460 m3 & sisa DWT 750 ton, kpl akan melakukan kegiatan sbb :
Bongkar muatan A = 600 ton SF = 0,9 m3/ton, memuat muatan B, SF = 2,5 m3/ton se banyak2 nya dng BS = 7,5 %
a. Brp ton muatan B dpt dimuat.
b. Apa kpl mencapai F&D jelaskan
c. Jika TPC = 15, hitung rata2
    sarat kpl selesai kegiatan.
Jawab :
a. Bongkar muatan A 600 ton
    = 600 x 0,9 = 540 m3.
    Sisa V = 1460 + 540 = 2000 m3
    V effect utk muatan B = 2000 x
    92,5 % = 1850 m3.
    Jadi muatan B yg dpat dimuat =
    1850 : 2,5 = 740 tons.
b. Sisa DWT sbl muat  = 750 ton
    T muatan B              = 740 ton
    Sisa DWT stlh muat =   10 ton
    Jadi kpl tdk mencapai F&D krn
    Ruang muat sdh habis terpakai
    Tetapi masih ada sisa DWT 10 t
c. Sarat awal                  = 5,50 m
    Δ sarat = 740-600/15 = 0,09 m+
    Sarat stlh kegiatan     = 5,59 m

Kpl dng bale capacity = 2400 m3 & DWT = 1700 ton, di kpl telah ada FO, FW & store = 200 ton, akan dimuat hingga full & down, kuningan SF = 0,850 m3/ton, peti-peti SF = 3,05 m3/ton, bila BS = 5% brp ton masing2 muatan.
Jawab :
Bale capacity             = 2.400 m3
BS = 5% x 2.400       =    120 m3  
Ruang muat eff (V)    = 2.280 m3

DWT                   = 1.700 ton
FO + FW = Store             =    200 ton
Sisa DWT            = 1.500 ton

   A     +    B     = 1.500    x 3,05
0,85A + 3,05B = 2.280    x 1     

3,05A + 3,05B = 4.575
0,85A + 3,05B = 2.280 -
2,20A + 0                  = 2.295

A = 2.295 : 2,20 = 1.043,18 ton
A + B  = 1.500
B = 1.500 – 1.043,18
   = 456,82 ton.

Cara agar muat bongkar di kpl dpt dilaksanakan secara cepat & sistimatis :
Sebelum kpl tiba di pelb. pertama di suatu Negara, hrs sdh tersedia rencana pemuatan & pembongka- ran (stowage plan), dicegah terja- dinya Long hatch, over stowage & over carriage.

Persyaratan umum jika muatan di deck :
-        Hrs diperhitungkan kekuatan geladaknya (DLC).
-        Apabila muatan deck mudah rusak hrs diberi tutup tempat.
-        Muatan hrs dilashing.

Yg dimaksud dengan Load deck capacity adalah kemampuan suatu geladak utk menahan beban yg ada diatasnya dinyatakan dalm ton/m3.

Data load capacity tertera pada Blue print (buku biru) yg berisi semua data2 ukuran kapal yg di tetapkan oleh suatu Biri Klasifikasi
Cara menghitung load capacity
 DLC =  H   ,  DLC = h
           1,4                sf
H    = Tinggi deck dlm meter.
h    = Tinggi max muatan dlm mtr.
sf   = Sf dalam m3/ton
1,4 = Sf standard.
Kpl tanker memuat minyak sebanyak = 160.000 American barel, pada suhu rata2 = 29º C, api gravity pada suhu tsb = 26,8
Jika diketahui 1 american barel = 0,159 CBM, dan koefisien koreksi BJ = 0,000690 per CC, hitung berat minyak yg dimuat tsb?
Jawab :
Bj1 pd suhu 15,6ºC =  141,5
                           Api gravity
= 141,5          = 141,5 = 0,893
   26,8 + 131,5     158,3
Bj2 = Bj1 – coefisien corr(T2-T1)
      = 0,893872-0,000690(29-15,6)
      = 0,884626
V   = 160000x0,159m = 25440 m3
W  = V x Bj
      = 25440 x 0,884626
      =22504,9 ton.
Load Displ.= 9.050 ton, Ligh Displ. = 2500 ton, Bale cap. = 7.000 M3,Opr.Load on Board = 500 ton, kapal dimuati : Peti2 SF = 4,0 m3/ton besi SF = 0,5 m3/ton ; BS = 10%
Freight peti2 US $ 40 / ton; besi US $ 50 / ton.
Ditanya : a.Brp ton masing2 dpt dimuat hingga kpl full and down
b.Brp jlh freight seluruh muatan.
Jawab : Bale Cap. = 7.000 M3
a. BS = 7000 x 10 % = 6.300 M3
Load Displ.       = 9.050
Light Displa      = 2.550
 DWT                = 6.500

 Opr.Load         =    500  

 DWT                = 6.000
  A + B              = 6.000   x 4,0
4,0 A+ 0,5 B      = 6.300   x  1

4,0 A + 4,0 B     =24.000
4,0 A + 0,5 B     =  6.300  -
            3,5 B    =17.700           
              B        = 5.057,14
b. A + B            = 6.000
    A= 6.000 – 5.057,14
      = 942,86
Freight A          = 40 x 942,86
                        = US $ 37.714,4
Freight B          = 50 x 5.057,14
                        = US $ 252.857
Total  Freight A + B = US $ 290.571,4
Jenis muatan ditinjau dari sifat/mutunya
-        Muatan basah
-        Muatan bersih
-        Muatan berbau
-        Muatan kering
-        Muatan berbahaya
-        Muatan peka

Yg dimaksud dng melindungi muatan dalam prinsip memuat :
Bahwa pihak kapal (carrier) bertanggung jawab keselamatan dan keutuhan muatan sejak muatan itu dimuat sampai muatan itu dibongkar.

Hitunglah berapa besar volume ruangan yg dibutuhkan jika hendak memuat muatan 200 ton yg berupa peti2 dng ukuran tiap peti 60 x 50 x 40 cm dimana berat tiap peti = 50 kg, BS = 5%
Jawab :
SF=         1              x Vol.tiap peti
       Berat tiap peti
    =    1     x 0,6 x 0,5 x 0,4 m
       0,060
    = 1 x 0,12 m3 = 2 m3
Volume : 200 x 2 m3 = 400 m3
              400 m3 x BS = 400 x 5%
                            = 380 m3





Sebuah ruang muat memiliki sisa Vol = 520 m3 sisa daya angkut 250 ton ruangan ini akan diisi penuh dengan peti – peti berukuran : 80 x 40 x 30 cm dan berat tiap peti = 50 kg,hitunglah berapa BS yang terjadi :
Jawab :                
V tiap peti  = 0,8 x 0,4 x0,3
             = 0,096 m3
SF peti =      1     x vol. Peti
                Brt peti
             =      1     x 0,096 m3
                 0,050
             = 1,92 m3/ton.

v  = T x SF
     = 250 x 1,92
     = 480 m3
BS = V – v  x 100%
            V
    = 520 – 480 x 100%
            520
    = 7,7 %

Sebuah kpl memiliki vol sisa = 2020 m3 & sisa daya angkut = 1300 ton, akan dimuati hingga penuh dng muatan A & B, dimana muatan A berupa peti2 uk. 90 x 120 x 40 cm & berat tiap peti = 60 kg, Bs = 5%, muatan B dng SF = 0,76, BS = 8% hitunglah :
a. Brt masing2 muatan?
b. Jumlah koli masing2 muatan
Jawab :
SFA = 1 x 0,90 x 1,200 x 0,40 m3
        = 0,600
SFB = 0,76
A + B        = 1300                     x 7,2
7,2 A + 7,2 B =13 % x 2.020   x 1
7,2 A + 0,72 B = 9360
7,2 A + 0.76 B = 1757,4
             6,44 B = 7602,6
              B = 1.180,5 Ton
P A = v ( 1- BS) = 2.020.0,95
              V A              0,432
      = 4.442 colly.
P B = v ( 1- BS) = 2.020(0,92)
              V A              0,988
      = 1.880 colly
A + B = 1.300 Ton
A + 1.180,5 = 1.300 Ton
A = 1.300 – 1.180,5
   = 119,5 Ton
Sebuah takal ½ berat ( MATA 5) disisipkan tali kawat 9/12 dgn cara menguntungkan panjang batang muat 10 m, panjang tali penganyut 8 m.
Panjang tiang muat 12 m.Beban akan diangkat 45 ton,                 gesekan tiap keping 5%
Hitunglah :
a. Diameter  tali muat yg digunakan?
b. Gaya yg bekerja pd tali pemuat (K1)
c. Gaya yg bekerja pd msn derek (K3)
Jawab :
P = 5 menguntungkan 6/12 tali kawat
n = (p + 1) = 6 ; f = 5 % ; w = 45 Ton
SWL = BS/2 ; BS = 4 ¼ C2
SWL = 4/5 C2
Gaya pada tali penganyut = 8/12
Gaya yang bekerja pada batang muat = 10/12 x bb.
            w + ( w.P.f)
SWL =         N
            45 + (45.5.5%)
         =         6
         =             9,375 Ton = 9.375 kg
a. Tali 6/19 SWL = 4/5 C2
        SWL         9.375
            C=   0,8      =    0,8
      C   = √ 11.718,75 = 108,25 mm
b. Gaya yang bekerja pada tali pemuat
    K = SWL = 9.375 Ton
c. Gaya yang bekerja pada mesin 
    derek = K3
            SWL + (SWL.P.f)
    K2 =           n
   
         = 9.375 + (9.375.1.5%)
                          1
         =             9.844 Ton

            K2 + ( K2.P.f)
     K3 =                    n

            9.844 + (9.844.1.5%)
          =                            1
         =             10.336 Ton
Yg dimaksud dng to protect the ship adalah melindungi kpl agar kpl tetap selamat dlm melaksana-kan kegiatan selama muat, bongkar, maupun dlm pelayaran misalnya membahayakan kapal, tdk memuat melebihi daya muat/ memuat muatan yg membahayakan kpl ataupun memuat yg tdk sesuai dng jenis kapalnya.

Jenis muatan berbahaya klas 1 adalah cairan yg dpt terbakar lebih kecil atau sama dng 21º C.

Jenis muatan berbahaya klas 2

Adalah cairan yg dpt terbakar dng titik bakar diatas 21º C s/d 55º C.




Stabilitas :
-        Pengaturan muatan secara membujur, hrs baik agar trim cukup.
-        Hindari terjadinya Hogging & Sagging.
-        Pembagian muatan secara transversal (tdk miring).
-        Pembagian muatan secara vertical (tdk berat atas).
-        DLC.
-        SWL.

Dunnage tetap adalah dunnage yg sdh dipasang diatas kpl sejak kpl dibangun & bersifat tetap & tdk boleh dilepas, dunnage tetap dipasang pada :
-        Dipasang menempel pada gading2 kpl secara membujur kpl disebut bilah keringat.
-        Dipasang menempel pada Ska, & dipasang secara melintang kpl antara palka & km mesin, berupa rangka kayu.
-        Dipasang pada lantai kpl (double bottom/tank top) berupa papan kayu dipasang secara membujur kpl.
-        Rangka kayu yg menutupi pilar2, pipa dlm palka.

Bahaya2 yg timbul pada muatan berbahaya klas 3 :
-        Bahaya kebakaran, karena muatan ini mudah terbakar pada suhu yg sangat rendah.
-        Uap mengandung racun sehingga membahayakan orang2 di sekelilingnya.
-        Bila dicampur dng muatan lain dpt merusak muatan itu sendiri & membahayakan kpl
Persiapan tanki deep tank sebelum memuat PALM OIL :
-        Tanki hrs bersih.
-        Mesin pemanas (heater) hrs dlm kondisi bagus & siap pakai.
-        Hrs ada sertifikat kelayakan tanki yg dikeluarkan oleh surveyor.
Cara membersihkan tangki :
1. Disemprot dgn air laut lalu disemprot dgn a.tawar yg sdh dipanasi dgn uap panas.
2. Sisa2 air dikumpulkan pada drum2 kosong (dibuang di tgh laut bebas sesuai ISM code)
3. Tangki dilap kering pakai majon
Cara mengetes deep tank untuk mendapatkan sertifikat :
Man hole dibuka dimasukkan alat pipa / pompa tekan untuk mengetahui kedap minyak / bocor
Tindakan yg harus dilakukan pada saat pemuatan minyak :
1. Kordinasi antara pihak darat dg pihak kpl
2. Saat minyak jatuh ke tangki catat jam berapa, trim kpl, list (kemiringan) kpl dan draft kpl.
3. Semua jam2 istirahat pengisian ditulis jam, trim, list , draft dan jam mulai lagi.
4. Setelah selesai memuat, jam, trim, list, draft, Ullage, Bj, suhunya berapa ditulis.
5. Tangki ditutup dgn baik, gunakan paking yg baru dan cek jgn sampai ada skrup2 yg kendor.
6. Dgn dasar Ullage, Bj dan suhu di hitung muatan yg dimuat.
Perawatan minyak selama pely :
1. Minyak selalu dipanasi (supaya tdk terjadi pembekuan) sampai suhu tertentu.
2. Koordinasi terhadap pelabuhan bongkar tentang berapa suhu pembongkaran minyak yg dikehendaki.
3. Panasi minyak sesuai dgn suhu pembongkaran.
4. Selama pelayaran suhu minyak selalu diukur pagi dan sore dicatat pada buku khusus.(buku nanti akan diminta oleh pemilik barang)
Diket:
Kapasitas ruang muat   = 9.100 cu m
Load Displ.                   = 8.650 ton
Light Displ.                   = 2.000 ton
Akan memuat 3 jenis muatan :
Muatan A,SF = 1,4 freight US $ 40/ ton
Muatan B,SF = 0,5 freight US $ 50/ ton
Muatan C,SF = 2,0 freight US $ 40/mst

Jawab:

Ruang Efectife = 9.100 cum (tanpaBS)
Loaded Displ.    = 8.650 ton

Ligh Displ.                   = 2.000 ton

 C DWT             = 6.650 ton
Ton C =             V – ( T x SF B )
            (SF C – SF A) + (SF C – SF B)
          =  9.100 – (6.650 x 0,5)   
             (2,0 – 1,4) + (2,0 – 0,5)
     
   = 9.100 – 3.325
            0,6 +1,5
         =  5.775    = 2.750 Ton 
               2,1
    Vol. C           = Ton C x SF C
            = 2.750 x 2,0
            = 5.500 M3
Vol.Ruang Eff   = 9.100 M3
Vol.C                = 5.500 M3 – Vol.Ruang muat A + B       = 3.600 M3          

T = Cargo DWT – Ton C
= 6.650 – 2.750                                 = 3.900 Ton (Muatan A + B)

  Ton A = 3.600 – (3.900 x 0,5)
                      (1,4 – 0,5)
            =1.833,3 Ton
  Vol.A  = 1.833,3 x SF A
            = 2.566,62 M3
  Ton B = 3.900 – 1.833,3
            = 2.066,7 Ton
   Vol B = 2.066,7 x SF B
            = 1.033,35 M3

Freight A          = Berat A x US $ 40
            = 2.566,62 x 40
            = US $ 102.664,8
Freight B          = Berat B x US $ 50
            = 2.066,7 x 50
            = US $ 103.335
Freight C          = berat C x SF C  x  55
                    1,116
            = 2.750 x 2,0  x 55
                   1,116
            = US $ 27.105,3
Total Freight  (A + B + C)
            = US $ 477.057,1
4 Jenis penerapan tetap berikut   penempatannya :
-        Bilah keringat dipasang pada gading2 kapal secara membujur
-        Rangka kayu dipasang menempel pada Ska dan dipasang secara melintang kapal antara palkah dan Kamar mesin
-        Papan kayu dipasang secara membujur pada lantai palkah (Double Botton / Tank Top)
-        Rangka kayu dipasang menutupi pilar2, pipa dalam palkah
Keuntungan dan kerugian Deck Crane yang digunakan di kapal :
Keuntungan :
- Dengan 1  crane dapat menghibob,
  mengayun / swing.
- Mengarea beban  dgn satu org saja
Kerugiannya :
- Kecepatan dan kekuatan kecil
- Membutuhkan ruangan yg lebar di deck.
Sebutkabn 3 macam jenis winch dilihat dari penggeraknya :
1)      Hydralis 2) Uap       3) Listrik
Persiapan Palkah yg harus dilakukan untuk memuat muatan dingin
1.    Isolasinya diperiksa dan apabila ada yg kendor diperbaiki
2.    Papan2 dan boyo2 dan mulut palkah dan ventilasi dari ruang isolasinya diperiksa, dan bila ada yang rusak diperbaiki.
3.    Skaper (tutup lobang) dipasang dan semua pipa yg menuju ke ruangan dingin harus ditutup untuk menjaga agar tidak ada udara yg masuk.
4.    Bocoran2 harus diperiksa
5.    Palka beserta gotnya dibersihkan seluruhnya.
6.    Alat pendingin dibersihkan lalu diisi lagi kemudian ditest
Persiapan yang dilakukan untuk menerima muatan Container :
-   Menyiapkan By Plan
-   Peralatan lasing yang digunakan
-   Bila ada muatan yg berbahaya jauhkan dari Cabin.
Sebuah kapal di daerah samarinda Bj sungai = 1,005 dengan Sr = 30 dm dan RemainingSpace=10.000M3.Kapal akan memuat rotan sebanyak banyaknya agar nanti di laut mencapai sarat Maximum yag diijinkan.
Data kapal sbb:
Summer Draft   = 60 dm
TPC                  = 16 T/M3
SF rotan                       =  2 M3/T
FWA                 = 18 cm
BS                    = 10%
Hitungalah :
a)Berapa ton rotan bisa dimuat
b)Berapa Remaining Space (Sisa Ruang Muat) waktu brkt dr Samarinda
Jawab :
S Draft 60 dm   =  600    cm

S –T = 1/48 x 600 cm    =    12,5 cm  +

T Draft air laut =  612,5  cm

DWA =  FWA  x Bj.air laut – Bj Payau
                                    25
         =  18 x 1,025 – 1,005
               25
         =  14,4 cm
                                                = 612,5 cm
                                                =   14,4 cm   +
Tropical Draft di sungai = 626,9 cm
Sarat rata – rata                       = 300    cm    -
  Δ Sarat                                   = 326,9 cm
 Δ Sarat            = W / TPC
   W      = Δ Sarat x TPC
            = 326,9 x 16
            = 5230,4 Ton
Rem Space= 10.000 x BS
            = 10.000 x 10%
            =  9.000
Vol. Rotan        = 5230,4 x SF
            = 5230,4 x 2
            = 10.460,8 M3
Vol.Ruang muat rotan > Rem.Space
            = 10.460,8 – 9.000
            =   1.460,8 M3 dimuat di
               On Deck.

Kpl tiba di Pel. Tg.Perak dgn Sr = 6,30 m
kpl selanjutnya membongkar muatan A seberat = 200 Ton yg Sfnya = 2,1 M3/Ton.Selanjutnya membongkar lagi muatan B berupa peti2 yg sama besar dimana tiap peti berukuran p x l x t =
1,6 x 0,6 x 0,3 meter, dan tiap peti beratnya = 148 kg.selesai bongkar sarat kpl menjadi 5,6 meter. Bila TPC = 35 ton / cm           dan BS = 5 %.
Ditanya :
a) Vol.Ruang Muat yg dibongkar
b) Jlh peti yg dibongkar
Δ Sarat             = Sr Akhir – Sr Awal
            = 5,60 – 6,30 meter
            = - 70 cm
            W         = Δ Sarat x TPC
            = - 70 x 35
            = - 2.450 Ton
            W         = - 200 - X
        2.450        = - 200 - X
            X          = - 200 + 2.450
            X          = 2.250 Ton
Banyaknya Peti X          = 2.250 / Berat Peti
                        = 2.250 / 0,148
                        = 15.202 Peti
Vol.R.Muat Yg dibkr      = 15.202 x Vol.Peti
                        = 15.202 x 0,288
                        = 4.378 M3
Volume Muatan A         = 200 x 2,1
                        = 420 M3
Vol.Ruang Muat            = 4.378 + 420
                        = 4.798 M3
Geladak antara kpl (twin Dek) berukuran p x l x t =  30 x 18 x 3 meter.Capacity Plan diketahui bahwa kemempuan geladak antara tersebut untuk menumpuk muatan DLC = 2,1 ton/M3.Geladak antara tersebut akan dimuati baja yang Bj = 2,5. Bila BS untuk pemuatan tsb 2,5%,berapa ton baja dapat dimuat.

Jawab :
 SF Baja           = 1/Bj , 1/ 2,5 = 0,4 M3/Ton
            h          = C x f
            = 2,1 x 0,4
            = 0,84 meter
   v Baja            = 30 x 18 x 0,84
            = 453,6 M3
            = 453,6 x 2,5 %
            = 442,26 M3
  Ton Baja         = V /SF            = 442,26 / 0,4        
= 1.105,65 Ton
Class – Class Muatan Berbahaya :
Class 1 :Explosive (dapat meledak)
Label Putih gambar hitam



                   
                         Explosive


1.a = Benda atau bahan yang mudah meledak
1,b = Amunisi
1.c = Petasan & sedikit kandungan 1.a / 1,b
Tindakan perlindungan utama :
-    Harus diberi penjagaan khusus.
-    Semua kegiatan harus dihentikan selama bongkar / muat.
-    Dimuat paling akhir dan dibongkar lebih dulu.
-    Gunakan Forklift listrik sesuai dengan IMO Code
-    Gunakan penerangan listrik sesuai dengan IMO Code.
CLASS 2 : Gasses (gas)
Gas yg dapat terbakar          
      Label : Merah dan Hitam
                       Inflamable Gas
Gas yg tidak dapat terbakar    sendiri
        Label :Hijau Gambar Hitam

Non Flammable                                                                 Compressed Gas
Perlindungan utama :                Alat Pemadam kebakaran dibuang ke laut (Jettison)
   
          POISON
            GAS
CLASS 3 : Flamable Liquids (cairan yg dapat terbakar) 
Label : merah dgn gambar  hitam                                                 
(alkohol,ether,acetone,bahanbakar dll)
      Inflamable              Dibagi 3 klas dlm
          Liquit     titik nyalanya :
3.3= Kelompok titik nyala rendah (-18˚C)
3.2= Kel. ttk nyala sedang (-18s/d23˚C)
3.1= Kel. Ttk nyala tinggi (-18 s/d 23˚C)
        di atas 610˚C dianggap tdk berbahaya

Class 4 : Flamable Solids (benda padat yang terbakar)

                              Label : bergaris hitam putih  
                              gambar (korek api dll)
    Inflamable solid
Mengangas mendadak label :
                 Setengah bag,
                  atas putih
                  Setengah bag. Bwh merah
    Sponta Neosuli        (resin sintetik-potongan
     Combustible             bahan wol, dll) Berbahaya jika basah lebel   biru gambar
               &huruf putih
Dangerous                (bubuk  Aluminium                                                         when met                    -calsium carbide,dll)
            Class 5 :
5.1 Barang2 yg bisa beroksidasi
 label : kuning
 Oxidizing agent
5.2 Barang2 organik peroksida
      (mengandung oksigen yg banyak)
      label : kuning
      Organic       peroxide
                                   peroxide
Class 6. poisonous (toxle) subtance (benda2 yg beracun) 

                           Label : putih                   
                           dgn gambar hitam 
                           ( pestisida, insectisida
          Poison        bahan kimia dll )
Class 7 : Benda Radioaktif
Dibagi ke dalam sub-class,tergantung pada radioaktifnya.

                       Label : Putih
                       Gambar : Hitam
                       Tanda I merah
     Radioactive
             I Label : Setenga bag.atas
                Warna kuning
                Setengan bag.bawah
                      Warna Putih
    Radioaktive      Gambar : Hitam
            II               Tanda II Merah
              Label : Setenga bag.atas                                                           Warna kuning
                                        Setengan bag.bawah
                                      Warna Putih
    Radioaktive                   Gambar : Hitam
           III                                    Tanda III Merah
Class 8 :
Label : Putih                      Setengan bag.atas dengan tanda (gambar) hitam / kelabu
Setengan bag.bawah warna hitam tulisan putih (nitric,sulphur,hydrocholoric acids dll)
Bila terjadi kecelakaan,beberapa jenis produk mungkin dapat menetralisir benda corrossive :air mkn diperlukan untuk menguranginya.




     Corrossive



Class 9 : Contohnya Katul berpermentasi dengan air sehingga menghabiskan udara di dalam palkah
1 A. Sebutkan keuntungan dan kerugian pemuatan dengan container di bandingkan dengan kapal – kapal konvesianal
Jawab:
KEUNTUNGAN
-    Muat dan bongkar dapat dilakukan dg cepat,aman dan ekonomis.
-    Biaya stevedoring kecil (buruh sedikit).
-    Pelayanan mudah karena muat dan bongkar dilakukan oleh beberapa orang saja.
-    Mengurangi resiko kerusakan dan pencurian muatan berharga.
-    Asuransi menjadi lebih murah / polisnya kecil.
-    Door to door service operation.
KERUGIAN
- Investasi besar (kapal, container yard, gentry crane dan container)
- Memerlukan lapangan penumpukan peti kemas yg luas.
- Jalan2 , jembatan harus sesuai dengan berat dan panjangnya container.
- Memerlukan modal trasportasi yg standard serta jumlah peti kemas yg banyak.
- Memerlukan SDM yg terampil.
1b. Sebutkan sarat2 sebuah peti kemas menurut ISO
Jawab:
-    Mempunyai sifat tetap, cukup kuat untuk dipergunakan berkali – kali.
-    Dirancang khusus agar memenuhi syarat2 pengangkutan barang, dg lebih dari satu kali angkutan, tanpa perlu membongkar isinya.
-    Dilengkapi dg peralatan yg memungkinkan ready handling
    terutama dari cara angkutan satu 
    ke cara angkutan lainnya.
-    Mempunyai ruangan dalam (Internal volume) satu (1) m³ (35,8 kaki kubik) lebih.

2.a. Jelaskan apa yg anda ketahui dengan IMDG Code sesuai dgn SOLAS
1. IMDG code
International Maritime Dangerous Good’s code adalah aturan mengenai muatan barang berbahaya menurut SOLAS 74 chapter VII yang dikeluarkan oleh IMO.
2..IBC code
International Bulk Chemical code adalah peraturan international untuk konstruksi dan perlengkapan kapal-kapal yang membawa chemical dalam bentuk curah, IBC code di tetapkan oleh MSC (Maritime Saferty Committee organization)
3..INF code
International Code for the Safe Carrier of Packaged Irradiated Nuclear  Fuel (INF), Plutonium and High revel Radioactive wastes on board ships.
Peraturan-peraturan yang harus di penuhi oleh kapal-kapal yang mengangkut bahan-bahan yang beradiasi tinggi dan limbah-limbah radio aktif diatas kapal. INF code ditetapkan oleh MSC diatur dalam chaper VII SOLAS 74
3.a. dlm cargo handling operation LNG/LPG kita mengenal drying. Jelaskan pengertian tersebut.
Jawab.
Drying (pengeringan) adlah proses pengeringan untuk mengeluarkan kelembaban dari tanki muat ,saluran ppa2 dll dgn tujuan menurunkan titik embun serta mencegah terbentuknya es drying dapat dilakukan dgn beberapa cara, tetapi cara yg paling umum adalah dengan menggunakan pengering udara.
b. Gambarkan schematic diagram air drying operation
Jawab:

4. Kapal muat di Jaya Pura tujuan Kobe melaui Singapore. Di Singpore dimuat 800 ts muatan dan mengisi FO &FW secukupnya. Pada saat tolak dr Jaya Pura. Dikapal ada 310 ton FO &  FW 80 ton.
Data kapal; Summer DWT  9000 ts, Summer draft  8,2 meter, TPC = 17 ton. D.C FO = 20ts & FW 4 ton. Dikapal harus ada cadangan untk 3 hari. FO & FW.
Data Pel; Jaya pura –Sin 10 hari di daerah tropic, Sin – Kobe 13 hari terdiri : 3 hari di tropic, 7 hari di summer, dan 3 hari di winter.
Hitung :
a) Berapa FO & FW yg dimuat di Singapore
b) Berapa ton muatan yg dapat di muat di JayaPura
 Jawab:
a)
* FO :
Jayapura – Sinà  10 x 20   = 200 ts
Sin – Kobe à       13 x 20   = 260 ts
Cadangan à           3 x 20   =   60 ts   +
Total Kebutuhan                   = 520 ts
Sisa dikapal                          = 310 ts   -
FO yg harus didisi di Sin      = 210 ts

* FW :
Jayapura – Sinà  10 x 4     =  40 ts
Sin – Kobe à       13 x 4      =  52 ts
Cadangan à           3 x 4     =  12 ts   +
Total Kebutuhan                   = 102 ts
Sisa dikapal                          =   80 ts   -
FW yg harus didisi di Sin     =  24 ts

FO & FW yg dimuat di Singapore :
FO  = 210 ts
FW = 24 ts

* Summer DWT                   = 9000 ts
   Summer draft    = 8,2 mtr                = 820 cm
   TPC                                   = 17 ton

b)
Summer DWT                     = 9000,000 ts
Kor S- T
à 1/48 x S.draft x TPC
     1/48 x 820 cm x 17ton    =   290,417 ts +
Tropic (T) DWT                  = 9290,417 ts


Summer DWT                     = 9000,000 ts
Kor S- W
à 1/48 x S.draft x TPC
     1/48 x 820 cm x 17ton    =   290,417 ts -
WinterDWT (tiba di X )      = 8709,583 ts
Faktor Cons. Y – X (7 hari)
à 7 x ( 20 + 4 )                    =   168,000 ts  +
DWT tiba di Y                     = 8877,583 ts
Faktor Cons. Sin - Y (3 hari)
à 3 x ( 20 + 4 )                    =     72,00   ts  +
DWT tolak di Singapore    = 8949,583 ts
Cargo Di sin                         =   800,00   ts
FO & FW à ( 210 + 24 )     =   234,00   ts  -
DWT tiba di Singapore      = 7915,583  ts
Faktor Cons. JayaP- Sin
( 10 hari)à 10 x (20 + 4 )    =   240,00  ts  +
DWT Tolak Jayapura         = 8155,583 ts
FO & FW dikapal ( 310 + 80)             =   390,00  ts  -
Muatan yg dpt di J pura    =  7765,583 ts

. 5. sebuah kapal (net 4000 ton) tiba dipelabuahan bongkar pd hari senen 2 mart jam 05.00, Muatan yg akan dibongkar berupa copra curah sebanyak 9600 tons. NOR diterima pd pencarther jam 06.00 hari itu juga.
Dlm charter party tertulis pembongkaran per hari rata2 800 t bila cuaca mengizinkan (SHEX) dikecualikan consignee dikenakan pembayaran demmuarage Rp.600,- per net register ton tiap2 hariyg berjalan atau prorata. Waktu dimulai laytime sejak kpl siap bongkar & NOR telah di terimakan kepada consignee penchareter mulai bongkar 06.00 uang dispatch dibayarkan oleh pemilik kpl sebesar Rp.4000,- per NR ton tiap hari yg berjalan rata dari hari yg tidak terpakai.
-         Pd tgl 5 dan 13 tdk dpt dibongkar 6 jam tiap hari karena hujan lebat
-         Tgl 11 maret, hari libur resmi nasional
-         Pembongkaran selesai hari rabu 18 maret jam 04.00
Hitung  Jlh Demmurage atau dispatch
Buatlah time sheet
Jawab.

Lay time =  9600    =  12 hari
            800
Hari
Tanggal
Catatan
Waktu yg digunakan
Jumlah Lay time
Demmurage
Dispatch
Senen
2 / 3
06.00
18.00
00 – 18 - 00

Selasa
3 / 3
24.00
24.00
01 – 18 - 00

Rabu
4 / 3
24.00
24.00
02 – 18 - 00

Kamis
5 / 3
00.00 - 24
6 hujan
18.00
03 – 12 - 00

J
6 / 3
24.00
24.00
04 – 12 - 00

Sabtu
7 / 3
24.00
24.00
05 – 12 – 00

Minggu
8 / 3
 libur
-
05 – 12 - 00

Senin
9 / 3
24.00
24.00
06 – 12 – 00

Selasa
10 / 3
24.00
24.00
07 – 12 - 00

Rebo
11 / 3
libur
-
07 – 12 - 00

Kamis
12 / 3
24.00
24.00
08 – 12 - 00

Jumat
13 / 3
Hujan 6 jam
18.00
09 -  06 - 00

Sabtu
14 / 3
24.00
24.00
10 – 06 - 00

Minggu
15 / 3
libur
-
10 – 06 – 00

Senen
15 / 3
24.00
24.00
11 – 06 – 00

Selasa
16 / 3
18.00
lay time berakhir
18.00

12 – 00– 00
Demmurage :  06 – 00
Rebo
17 / 3
24.00
24.00
01 – 00 - 00
Demmurage
16  /  06 – 00
17  /  24 - 00
18  /  04  - 00
Kamis
18 / 3
04.00
04.00
00 – 04 - 00
                                                              Total Demmurage                      34 jam
Jadi Demmurage   : 01 day – 10 hours. : 1, 416 day.
Pembayaran demmurage   1,416 x Rp.600x 4,000 =  Rp.3,398,400
1. Apa yg dimaksud dgn bagan pemadatan (stowage plan)
Jawab:
Stowage plan adalah suatu gambar / denah suatu rencana pemuatan dikapal
b. Siapakah yg bertanggung jawab merencanakan pemuatan diatas kpl.
Jawab:
Nakhoda sebagai penanggung jawab yg tugasnya di delegasikan kepada Mualim I
c. jelaskan perbedaan antara tentative stowage plan dan Final Stowage Plan!
Jawab:
- Tentative Stowage Plan : stowage plan yg disusun sesuai cargo booking list atau muatan yg terdaftar utk dimuat di kpl.
- Final stowage plan : stowage yg disusun setelah muatan dimuat di kpl sesuai dgn skala yg sebenarnya jelas dgn pel.tujuan, jumlah muatan, jenis muatan, berat & merkah muatan bila ada.
2. a. sebuah kpl container memiliki daya angkut 600 TEUS.Apa maksud istilah ini? Berikan penjelasan seperlunya!
Jawab:
Kpl mempunyai daya angkut 600 unit container dgn ukuran 20 feet/unit

b. hal2 apa saja yg hrs anda persiapkan jika akan memuat muatan berat di atas geladak.
Jawab :
Sebelum muat.
- Deck load capacity.
- Ship’s Stability.
- Dunnage.
- Alat2 lashing.
- Tinggi muatan.
- Posisi muatan.
- Jenis muatan


3. Sebuah tangki berukuran 1415 m³dgn tinggi 7,6 m akan di muati minyak BJ = 0,85 m hingga mencapai ullage 0,5 m. Dalam pembutan tsb digunakan slang yg berdiameter 0,2 m dan kecepatan mengalir minyak dlm slang 2 mtr/detik
hitung :
a.    berat minyak yg dpt dimuat dlm ton
b.    Berapa jam waktu yg digunakan untuk muat
Jawab :
a. Innage = Tinggi tangki – ullage.                                    =   7.6 – 0.5
               =   7.1 mtr
V.tanki    = 1415  x  7.1 = 1321.9 m3
                   7.6
Jd.muatan yg bisa di muat =
               = V.tanki x bj.minyak
               = 1321.9 m3 x 0.85
               =  1123.615 Ts.
b. Waktu yg dibutuhkan
R.of. = ╥ x r2 x kecepatan
= 22 x (0.1)2 x 2
    7
= 3.14 x 0.01 x 2
= 0.06286 m3/detik.            
                 T =    V      x      1  
                       R.of        3600

               T =   1321.9   x     1
                        0.06286        3600
               T =  5 jam 50 menit 39 minit
               .
4.kpl anda tiba disuatu pelabuhan dgn sarat rata2 5,105 m sedangkan sisa ruangan 50 m³ dan sisa daya muat 50 ton. Dipelabuhan ini dibongkar muatan A= 200 ton dengan SF = 1 m³/ton
        Dan dimuat muatan B dgn SF =1.4 m3.
Ditanyakan :
a.      Hitung muatan B yg dpt dimuat (ton)
b.      Hitung sarat rata2 waktu kpl bertolak, apabila TPC = 7,5 ton/cm
Jawab :
Bongkar muatan A 200 ton dgn SF1m3/ton
Jadi vol. Muatan A=200x1m3=200m3.
Sisa ruang muat                     =  50m3
Total vol. Yang dpt dimuati   =250m3
a) Jadi muatan B yg dpt dimuat =250:1.4=178.57ton

Yang dibongkar =200 ton
Yang dimuat       =178.57 ton
∆  Sarat                = 71.43 : 7.5=9.524cm=0.095m
Sarat awal                                                = 5.105m
b) Sarat tolak                                           = 5.010m

5. Sebuah kpl dgn daya angkut muat mati (DWT) 3000 ton memiliki kapasitas ruangan  muat sebesar 3396 m³. di kpl anda sdh tersedia 200 ton bahan bakar,100 ton air tawar dan 50 ton perlengkapan lainnya (stores). Muatan yg telah di muat sebanyak 700 ton dgn factor pemutan (stowage factor) 1,8 m³/ton. Selanjutnya kpl tsb akan di muati lagi dgn muatan lain yg mempunyai ukuran 0,9 m x 0,8 m x 0,6m dgn berat 225 kg. Broken Stowage dlm hal ini 10 %
Ditanyakan :
Hitung jumlah kolli yg masih dapat dimuat.
Hitung berat muatan yg dimuat terakhir ini
Jawab :
Vol. Ruang muat seluruhnya=3396m3
Vol. Muatan yg terpakai         =1260m3(700x1.8)
 Vol. Ruang yg bisa dimuati  =2136m3
Volume peti=0.9x0.8x0.6=0.432m3 dgn berat 225kg
SF peti =1000x0.432
                  225
              =1.92ton/m3
Berat peti yg dapat dimuat=2136x(1-0.1)
                                                  1.92
                                             = 1001 ton

Jumlah peti yg dpt dimuat    =1001: 0.225= 4448 biji.

















2 komentar:

  1. Jadi inget waktu kuliah dahulu tahun 1993-1996 di AMI, info yg menarik

    BalasHapus
  2. Mantap...! sangat bermanfaat !

    BalasHapus