Rabu, 15 Februari 2012


PENANGANAN DAN PENGATURAN MUATAN

1.  Jelaskan bagaimana caranya agar muat bongkar dikapal dapat dilaksanakan secara cepat dan sistematis?
Jawab : Sebelum kapal tiba di pelabuhan pertama disuatu negara, harus tersedia encana pemuatan dan pembongkaran (storage plant) yang terdiri dari rencana pemuatan awal dan akhir.

2.  Muatan-muatan tertentu, oleh karena sifatnya berbahaya, bentuknya    khusus/karena  alasan palka sudah penuh,sehingga dimuat di deck.
a.   Sebutkan persyratan umum jika muatan dideck?
                   Jawab :
-      Harus diperhitungkan kekuatan geladaknya (Deck Load Capacity)
-      Apabila muatan deck mudah rusak harus diberi tutup tempat.
-      Muatan harsus dilashing
b.   Apa yang dimaksud load deck capasity ?
Jawab:
Kemampuan suatu geladak untuk menahan beban yang ada diatasnya dinyatakan dalam ton/m3
c.   Dimana data load capasity tersebut anda dapatkan dikapal dan bagaimana cara menghitungnya jika datanya telah hilang ?
Jawab :
¬ Data tersebut tertera pada blue pin (buku biru yang berisi semua data-data ukuran kapal yang ditetapkan oleh suatu birokrasifikasi
¬ Cara menghitung jika datanya hilang dengan rumus :

               DLC =  ,  DLC =

                                                            Ket :   H       = tinggi deckdalam meter
                                                                      h        = tinggi maximum muatan dlm meter
                                                                      sf       = sf dalam Cu.m
                                                                      1,4     = sf standart

4. Sebutkan keuntungan dan kerugian pemuatan peti kemas dengan dibandingkan pemuatan kapal-kapal konvensional ?
Jawab :

Keuntungan :

-    Muat bongkar dapat dilakukan dengan cepat

-      Kerusakan barang-barang yang diangkut dapat ditekan sekecil mungkin
-      Kehilangan(pencurian) dapat ditekan sekecil mengkin.
-      Pengawasan barang(control)baik ole pemilik barang (owner) pengirim barang (shipper)maupun penerima barang (consignee) lebih mudah
     Kerugian :      
                    -    Pengoperasian lebih mahal
-      Harus ditangani tenaga ahli (profesional)
-      Memerlukan penanganan khusus.        

3. Kapal tenker memuat minyak sebanyak : 160.000 American Barel, pada suhu rata –rata : 29 c. Api Gravity pada suhu tersebut : 26,8, jika diketahui 1 America n Barrel :0,159 CBM,dan koefisisen koreksi BJ :0,000690 / cc.hitung berat minyak yang dimuat tersebut ?
     Jawab :
          W = V x bj
          BjI     = pada suhu 15,6 c =                                        Bj2     = Bj1 – coefisien corr (T2-T1)
          Bj2 (29 c)     = 0,893872 - 0,000690 (29-15,6)
                              = 0,884626
          V        = 160.000 x 0,159 m = 25440 m 3
          W       = V x Bj
                    = 25440 m3 x 0,884626
                    = 22504,9 ton

5.  Loading displacement          = 9.050 ton
Light displacement              = 2.550 ton
Bale capasity                       = 7000 m3
Operating load on board      = 500  ton
Kapal dimuati = peti-peti sf = 4,0 m3/ton
                                Besi  sf     = 0,5 m3/ton
Broken stowage         = 10%
Freight   peti-peti US$ 40,- per ton
Besi US$50, - per ton
Ditanyakan : a. Berapa ton masing-masing dapat dimuat hingga kapal mancapai kadaan full and down ?
                             b.  Berapa jumlah fright seluruh muatan ?

Jawab : Bale Capasity = 7000 m3

a.   BS = 10% x 7000        = 700   m3
RM.eff (V)                    = 6300 m3
Loaded displacement= 9.050
Light displancement  = 2.550
        DWT                   = 6.500
         OPL                    =    500
         DWT                  = 6.000
A + B                = 6000   x   4,0
4,0 + 4,0           = 6300        1
4,0 A + 4,0 B    = 24.000
4,0 A + 0,5 B    =   6.300
     0   + 3,5 B    = 17.700
                B       = 17.700  = 5057,14
                               3,5
          b. A + B       = 6000
                    A        = 6000 - 5057,14
                              = 942,86
               Fright A = 40 x 942,86        = US$ 37.714,4

               Fright B = 50 x 5057,14       = US$ 252,857
               Total fright                           = US$ 290.571,4












PENANGANAN  DAN  PENGATURAN  MUATAN


1.  Sebutkan lima prinsip pemadatan dikapal dan jelaskan dengan singkat ?
Jawab :
a.   Melindungi anak kapal dan buruh
-      agar mereka selamat dlam melaksanakan kegiatan dengan mengunakan alat keselamatan kerja secara benar
b.   Melindungi kapal
-      agar kapal tetap selamat selama muat bongkar maupun dalam pelayaran, misalnya : menjaga stabilitas kapal.
c.    Melindungi muatan.
-      pada waktu pemuatan, bongkar dan selama dlam pelayaran muatan harus ditangani secara baik untuk mencegah kerusakan muatan.
d.    Pemuatan dan pembongkaran muatan harus cepat dan sistematis
-      adanya rencana pemuatan dan pembongkaran (stowage plan)
e.     Penggunaan ruang muat semaksimal mungkin.
-      dalam melakukan pemuatan harus diusahakan agar semua ruang terisi penuh oleh muatan/kapal dapat muat sampai maksimal

2.   Unuk pemuatan dan pembongkaran muatan kapal niaga dengan lancar perlu dibuat suatu rencana yang baik sebelum pemuatan dimulai.
a.   Faktor-faktor apakah yang untuk membuat stowage plan itu ?
Jawab:
-      Berat dan jenis muatan
-      Pelabuhan bongkar ntuk masing-masing muatan,serta pelabuhan muat
-      Bentuk muatan dan jumlahnya.
b.   Apakah yang dimaksud dengan Hatch List ?
Jawab :
-      Daftar muat yang sudah dimuat di palka
c.   Apakah pula yang dimaksud dengan Bay hatch?
Jawab :
-      Bagan muatan container secara membujur, melintang dan tegak membujur ditandai dengan nomor Bay, mulai dari depan belakang, dengan cetakan nomor ganjil untuk ukuran container 20 kaki, genap container ukuran 40 kaki, melintang dengan ditandai nomor Row dimulai dari tengah dan dilihat dari arah belakang

3. a.   Apakah keuntungan dan kerugian pemuatan peti kemas dibanding dengan pemuatan kapal-kapal konvensional ?
Jawab :
Keuntungan :      
-    Muat bongkar dapat dilakukan dengan cepat
-      Kerusakan barang-barang yang diangkut dapat ditekan sekecil mungkin
-      Kehilangan(pencurian) dapat ditekan sekecil mengkin.
-      Pengawasan barang(control)baik oleh pemilik barang (owner) pengirim barang (shipper)maupun penerima barang (consignee) lebih mudah
Kerugian
-    Pengoperasian lebih mahal
-      Harus ditangani tenaga ahli (profesional)
-      Memerlukan penanganan khusus.        


b.   Apakah syarat-syarat peti kemas sesuai ISO ?
Jawab :
1.   Mengenai ukuran dan berat bruto suatu conctainer
Meliputi : kode,tinggi,lebar,panjang dan berat maksimum container dan cargo
2.   Mengenai sarana pengangkutannya,
Dengan metode kunci putar(twist lock) yang dipasangkan pada sudut-sudutnya untuk kepentingan mengangkat.
3.   Mengenai pemberian merkah-merkahnya meliputi nomor kode, nomor seri, tanda pemilik, berat maksimum pada tempat tertentu yang mudah dikenal
4.   Container harus dapat disusun sebanyak 6 susun dalam keadaan full load tanpa menunjukan perubahan-perubahan berarti.
c. Apakah yang dimaksud TEU dan FEU ?
         Jawab:
-      TEU (Twenty feet Equivalent Unit)
               adalah : unit pedoman peti kemas ukuran 20 kaki
-      FEU ( Fourty Feet Equifalent Unit)
               adalah : unit pedoman peti kemas ukuran 40 kaki

4. Kapal tiba dipelabuahan dengan sarat rata-rata ; 5,5 m dengan remaining space :
    1460 Cum dan sisa DWT : 750 ton. Kapal tersebut akan melakukan kegiatan sbb :
-      membongkar muatan A : 600 ton , sf : 0,9 Cum/ton
-      memuat B               , sf 2,5 Cum/ton sebanyak-banyaknya dng BS : 7,5 %
Hitunglah :
a.   berapa ton muatan B dapat dimuat
b.   Apakah kapal mencapai full dan down , jelaskan?
c.    Jika TPC : 15 hitung rata-rata sarat kapal selesai kegiatan.
Jawab :
     a. Dibongkar 600 ton          = 600 x 0,9  = 40 m3
          =
            Harus memuat  B              = 
b.   Menurut volume maka ruangan cukup 
Volume untuk muatan  B        = berat B x sf B
                                                            = 740 x 2,5
                                                            = 1850 Cum
          Sisa bobot   = sisa DWT – Berat B
                              = 750 – 740 = 10 ton
          Muatan dalam palka penuh (cukup)
          Full but not down
c.  Sarat awal                       = 5,50 m
          Penambahan DWT          =   = - 9,3 cm+
          Sarat rata-rata sesuai kegiatan        = 5,59 m

5.  Kapal dengan Bale capacity =2400m3 dan DWT = 1700 ton. Dikapal telah ada Fo,Fw. Dan store = 200 ton akan dimuat hingga mencapai full & down.
Pemuatan kuningan dengan sf = 0,850 m3/ton, peti-perti dengan sf = 3,05 m3/ton.

Bila BS = 5%, Berapa ton masing-masing dapat dimuat ?

Jawab :
          Bale capacity        = 2400 Cum
          BS=5% x 2400       =  120 Cum
          RM.eff (V)               = 2280 Cum
          DWT            = 1700 ton
          Fo + Rw +5t =   200 ton
              C.DWT     = 1500 ton


          A+B   =1500                              x 3,050        3,050 A + 3,050 B =4575
          0,850A+3,050B  = 2280                   1           0,850 A + 3,050 B =2280
                                                                                2,200 A + 0            =2295

                                                                      A   =
                                                                           = 1043,18 ton
                                                                      A + B = 1500
                                                                      1043,18  +  B         = 1500
                                                                                         B         = 1500 – 1043,18
                                                                                                    = 456,82 ton










































PENANGANAN DAN PENGATURAN MUATAN


1. Dalam rangka melindungi muatan,beberapa jenis pekerjaan mengunakan polka.
a.   Jelaskan bagaimana mengatur peranginan palka ini ?
Jawab :
-      Berikan ventilasi jika kelembaman udara didalam ruangan palka lebih besar dari kelembaman udara luar.
-      Berikan ventilasi jika titik embun udara didalam ruang palka lebih tinggi dari titi embun udara luar
-      Hindarkan ventilasi jika kelembaban udara diruang polka lebih kecil dari kelembaban udara luar
-      Hindarkan ventilasi jika titik embun udara diruang palka lebih rendah dari titik embun udara luar
b.   Terangkan hubungan kelembaman udara palka (Relative humidity) dengan peranginan palka ?
Jawab :
Bahwa air yang timbul didalalam ruang polka karena udara dalam ruang polka sudah jenuh, yang ahirnya timbul kondensasi.

2.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan :
a.   Ullage pada pemuatan liquid cargo didalam tangki :
Jawab:
Jarak tegak dari permukaan cairan didalam tangki hingga tanktop.
b.   TEU pada pemuatan peti kemas (container)
Jawab :
TEU (Twenty Feet Equivalent Unit), adalah : unit padanan peti kemas ukuran 20 kaki
c.   PRE – SLING pada pemuatan genator,
Jawab:
Persiapan tali-tali (sling) sebelum melansing muatan.

3.  Hitung stowage faktor dari muatan-muatan berikut ini :
a.   muatan peti-petian panjang 1,25 m x 0,5 m x 0,25 m dengan berat 250 kg tiap peti
b.   muatan drum O 0,6 m tinggi 1m, dengan berat 400 kg tiap drum ?
     Jawab :
          a. SF =            1              x  volume tiap peti
                         berat tiap peti
                    =        1              x   0,156 m3
                             0,62
                    = 0,62 m3

b. Volume drum
     V   = p . r2 x t
          = 3,14 x 0,6  x 1
          = 3,14 x 0,36 x 1
          = 1,1304 m3
SF      =         1              x  volume drum
             Berat tiap peti
         
=         1            x  1.304
                  0,400
          =  2,83 m3

4.  a. Sebutkan 2 jenis ukuran kontainer ?
Jawab :
Container ukuran 20 fet dan 40 fet
b. Apakah kentungan dan kerugian pengangkutan muatan dengan container dibanding dengan general cargo ?
Jawab :
Keuntungan :
-    Muat bongkar dapat dilakukan dengan cepat
-      Kerusakan barang yang diangkat dapat ditekan sekecil mungkin
-      Kehilangan (pencairan ) dapat ditekan sekecil mingkin
-      Pengawasan (control) baik oleh pemilik barang(otoner) pengirim barang maupun penerima barang lebih mudah
Kerugian :
-      Pengoperasian lebih mahal
-      Harus ditangani tenaga ahli
-      Memerlukan penanganan khusus

5.  a. Sebutkan 9 class muatan berbahaya sesuai solas 1974 ?
         Jawab : Class :
1      : Eksplosive (bahan peledak)
2      : Gas yang wampatkan
3      : Inflamable Liqiud (cairan yang mudah menyala)
4      : Inflamable  solid or subtancer ( benda adat yang mudah menyala)
5         : Oxodixing subtances  (zat yang mengandung zat asam )
6         : Aktif berbahaya
7      : Radio aktive subtances (zat radio aktif bebhaya)
8      :  Zat corrosive = zat bahan penyebab karat
9      : Semua zat yang berdasarkan pengalaman memiliki sifat berbahaya, mis : calcium oxide, alumunium nitrade, pupuk organik, dll.
b. Jelaskan maksud segregation table ini
Jawab :


6.  Sebuah kapal tiba dipelabuhan dengan remainaing space : 2000 Cum dan Cargo DWT : 1500 ton. Akan dimuat plywood SF=2,5 sebanyal-banyaknya dengan BS =10%
Hitung :  a. Jumlah plywood yang dapat dimuat
          b. Apakah kapal mencapai full dan Down? Jelaskan
     Jawab :
     a.   R. Spacce             = 2000Cum
           BS=10% x 2000    =  200 Cum
           R.m.eff (V)            = 1800 Cum
           Berat = volume    = 1800  =  720 ton

                           SF            2,5

c.    Jumlah plywood yang dimuat 720 ton
Volume yang dibutuhkan 1800 Cum
Ruang palka penuh tetapi draft belum maksimal
Masih ada sisa bobot 780 ton
Full but not down


PENANGANAN DAN PENGATUTRAN MUATAN


1.  Tuliskan jenis-jenis muatan yang saudara ketahui ditinjau dari sufat/mutunya?
    Jawab :
- muatan basah         -  muatan berbau           -  muatan berbahaya
- muatan bersuh       -  muatan kering            -  muatan peka

2.  Pelaksanaan kegiatan bongkar muat berasaskan pada prinsip-prinsip memuat.

Jelaskanlah apa apa yang dimaksud prinsip memuat melindungi “muatan”

Jawab :
-      Bahwa pihak kapal (carrier) bertanggungjawab kesalamatan dan keutuhan muatan sejak muatan itu dimuat sampai muatan itu dibongkar

3. Hitunglah berapa besar volume ruangan yang dibutuhkan jika hendak memuat muatan 200 ton yang berupa peti-peti denagn ukuran tiap peti 60 ccm x 50 cm x 40 cm dimana berat tiap peti = 60 kg BS = 5 %
     Jawab :
          SF =       1                x   volume tiap peti

                  Berat tiap peti

               =          1      x  0,6  x  0,5  x  0,4 m   =   1  x  0,12m3 = 2m3
                         0,060                             0,060
          volume  = 200 x 2 m3   = 400 m3
                          400 m3 x BS = 400 x 5%     = 380 m3

4.  Sebuah ruang muat memiliki sisa volume=520 m3 sisa daya angkut 250 ton. Ruangan ini akan diisi penuh dengan muatan peti-peti berukuran 80 cm x 40 ccm x 30 cm dan berat tiap peti = 50 kg. Hitunglah berapa BS- yang terjadi
Jawab :
          Diket = V = 520 m3
                       V = 480 m3
          SF      =         1              x  volume  tiap peti =    1   x 0,096 m3
                      Berat tiap peti                                 
= 1,92 m3

          BS     =  V - V   x  100 % = 520 – 480  x 100%       = 7,7%

                          V                                520

          Jadi BS nya = 7,7 %


5.  Sebuah kapal memiliki volume sisa 2020 m3 dan sisa daya angkut : 1300 ton. Akan dimuati hingga penuh dengan muatan A dan b, dimana muatan A berupa berupa peti-peti berukuran 90 cm x 120 cm x 40 cm dan berat tiap petinya = 60 kg. Untuk muatan A ini BS diperhitungkan 5 %. Selanjutnya juga memuat muatan B yang memiliki SF = 0,76 dan untuk muatan B ini, BS diperhitungkan 8 %. Hitunglah
a.   Jumlah berat (ton) masing-masing muatan yang dapat dimuat
b.   Berapa jumlah potong (kolle)masing-masing muatan tersebut.
     Jawab :
          SFA   =    1    x  0,90 x1,200 x 0,40 m3
                       0,060
          SFB   = 0,76
          A + B = 1300  x  7,2                            7,2 A + 7,2   B        = 9360
        7,2 A + 0,76 B  = 13 % x 2020               7,2 A + 0,76 B      = 1757,4
                                                                                6,44  B         = 7602,6
                                                                                           B       = 7602,6 = 1180,5 ton
                                                                                                        6,44
          PA = v (1 – B5) = 2020(0,95)      = 4442 colly

                       VA           0,432

          PB = v (1 – B5) = 2020 . 0,92     = 1880 colly
                    VB              0,988
          A + B = 1300
          A + 1180,05 = 1300
                         A   = 1300 – 1180,5   = 119,5 ton















































PENANGANAN MUATAN


1.  a. Apakah yang dimaksud bagan pemuatan (stowage plan) ?
Jawab : suatu bagan kapal dimana muatan ditempatkan dilengkapi data tujuan,jumlah, berat muatan serta pelabuhan muatannya masing-masing.
    b.  Siapakah yang bertanggung jawab untuk merencanakan pemuatan diatas kapal ?

         Jawab : muatan satu      

c.  Apakah perbedaan antara tentative stowage plan dengan final stowage plan ?
Jawab :
-    Tentative stowage plan : rencana awal yang sifatnya apabila terjadi perubahan muatan masih bisa dilakukan.
-      Final stowage plan : rencana pemuatan akhir

2.  a. Sebuah kapal container mempunyai daya angkut 600 TEU’S. Apa yang dimaksud dengan istilah ini ?
         Jawab :
Sebuah kapal container mempunyai daya angkut 600 unit peti kemas ukuran 20 kaki (feet)
b.  Bagaimanakah persiapan untuk memuat muatan berat diatas geladak ?
Jawab :
-      Kekuatan geladak harus diperhitungkan untuk dapat menahan muatan
-      Siapkan peralatan melasing muatan tersebut
-      Atur supaya muatan diatas geladak tidak menganggu navigasi kapal dari anjungan.

3. a. Bagaimana prinsip-prinsip muatan menurut pendapat anda ?
Jawab :
1.   Melindungi anak kapal dan buruh
-      agar mereka selamat dlam melaksanakan kegiatan dengan mengunakan alat keselamatan kerja secara benar
2.   Melindungi kapal
-      agar kapal tetap selamat selama muat bongkar maupun dalam pelayaran, misalnya : menjaga stabilitas kapal.
3.   Melindungi muatan.
-      pada waktu pemuatan, bongkar dan selama dlam pelayaran muatan harus ditangani secara baik untuk mencegah kerusakan muatan.
4.   Pemuatan dan pembongkaran muatan harus cepat dan sistematis
-      adanya rencana pemuatan dan pembongkaran (stowage plan ) menggunaan ruang muat semaksimal mungkin.
-      Dalam melakukan pemuatan harus diusahakan agar semua ruang terisi penuh oleh muatan/kapal dapat muat sampai maksimal
     b.  Apakah kegunaan dari dunnage/terapan ?
Jawab:
-      Sebagai alas pada lantai palka
-      Sebagai pemisah antara muatan
-      Sebagai pemisah antara dinding palka dengan muatan
-      Untuk membentuk terowongan aliran udara lebar antara tumpukan muatan

4.  Sebuah kapal dengan DWT : 6.096,3 ton, mempunyai bahan bakar 609.63 ton, air tawar dan air ballast609,63 ton, perbekalan sebanyak 406,42 ton, kapal rtersebut memiliki palkah dengan volume masing-masing :

Palka   I : 1,416 m3              Palka II  : 1.699,20 m3

Palka III : 1.699,2 m3 Palka IV : 2.263,60 m3
Akan dimuati peti SF : 0,5574 dan Gencar SF : 2,787

Ditanyakan :
Berapa ton masing-masig muatan pada tiap-tiap palka agar kapal full & down sesuai konstruksi kapal ?
Jawab :

Cargo DWT : 6096,30 –609,30-609,63-406,42        = 4470,62 ton

Ruang Efektif : 1416 =1699,20+1699,20+2265,60  = 7080 m3


A +  B                          = 4470,62 x  2,787  2,787.A    +  2,787.B     =12459,617
0,5574.A + 2,787. B      = 7080                     0,5574.A  +  2,787.B         = 7080        -                                                                           2,2296.A   +       0            = 5379,617
                                                                                                                  2,2296
                                                                                                                        = 2412,817 ton.

A          +       B      = 4470,62

2412,817 +   B       = 4470,62
                      B      = 4470,62 -  2412,817
                              =  2057,803 ton
PALKA  I      muatan A = 1416 x 2412,817   = 482,5634 ton
                                                 7080
          muatan B = 1416  x 2057,803 = 411,5606 ton
                                       7080
PALKA  II     muatan A = 1699,2 x 2412,817 = 579,0761 ton
                                                  7080
         muatan B = 1699,2  x 2057,803 = 501,0727 ton
                                       7080

PALKA  III   muatan A = 579,0761 ton

                   muatan B = 501,0727 ton
PALKA IV    muatan A = 2412,817-482,5634-579,0761 =772,1014 ton
                   muatan B = 2057,803-411,5606-501,0727,501,0727 = 644,097 ton

5.  Sebuah kapal berada di Banjarmasin (daerah permanent tropik) dengan density 1,008 dan mempunyai sarat pada saat itu 6,477 m
Data Kapal :
Displacement   = 15.240,75    ton

TPC rata-rata   =        18,50    ton

Summer draft =          7,315 ton
Ditanya : berapa ton muatan maximum yang dapat dimuat agar tidak over draft    ?
Jawab : DWA   = FWA x Bj laut – BJ payau
                                        Bj laut – Bj tawar
                              = S. DisplBj laut – Bj payau
                                 40.TPC      Bj laut – Bj tawar      
                              = 15.240,75 x 1,025 – 1.008 = 20,60 x 0,68
                                 40 x 18,50    1,025 – 1,000
                              =14,000 cm 
Summer draft =                                       =   731,5 cm

Tropic correction 1/48 x 731,5 cm          =   15,24 cm +

Draft tropic                                              = 746,74 cm

DWA                                                         =  14,00 cm +

Sarat rata-rata setelah muat                 = 760,74 cm

Sarat rata-rata sebelum muat               =  647,7 cm –

Selisih sarat                                             = 113,04 cm

Perubahan berat = 113,04 x 18,50          = 2091,24 ton
Muatan maximum yang dimuat             = 2091,24 ton

PENANGANAN MUATAN


1.  Jelaskan arti istilah-istilah tersebut dibawah ini :
a.   Broken stowage : prosentase ruang muatan yang tidak terisi oleh muatan karena bentuk dan jenis muatan tersebut.
b.   Stowage plan : suatu bagian kapal dimana muatan ditempatkan. Dilengkapi data tujuan, jumlah, berat muatan serta pelabuhan muatnya masing-masing.
c.    Stowage factor : jumlah ruangan efektif dalam m3 yang digunakan untuk memadat muatan seberat 1 ton
d.   Full dan down : suatu keadaan dimana kapal dimuati hingga seluruh ruang muat penuh dan mencapai sarat maximum yang diijinkan.

2.  a. Sebutkan batasan-batasan/sarat-sarat yang harus dipenuhi sehingga peti kemas tersebut layak untuk sarana pemuatan.
Jawab :
w Secara fisik mempunyai sifat-sifat yang tetap dan harus cukup kuat untuk dapat digunakan berulang kali
w Dilengkapi peralatan khusus sehingga mampu untuk dipindah-pindahkan dari satu jenis alat pengangkutan ke jenis alat pengangkutan lainnya dengan cepat dan mudah
w Dirancang sedemikian rupa sehingga mudah untuk diisi barang dan mudah untuk mengosongkannya
b.   Jelaskan pengertian dari “Bay, Row”, dan Tier” dalam menstawage peti kemas
Jawab :
w Bay adalah tanda nomor membujur, mulai dari depan ke belakang dengan catatan nomor ganjil container 20 kaki genap container 40 kaki
w Row adalah tanda nomor melintang, dimulai dari tengah dan dilihat dari arah belakang
-      ke kanan – Row 01,03,05,07,09 dst
-      ke kiri – Row 02,04,06,08,010 dst
w Tier adalah tanda nomor tegak, dimulai dengan angka-angka :
-      on deck – Tier 82,84,86,88
-      in hold – Tier 02,04,06,08
c.   Dalam pengepakan muatan peti kemas, digunakan sistem FCL/FCL dan LCL/LCL. Jelask apa maksudnya ?
Jawab :
w FCL/FCL (Full Container Load)
Adalah : container yang berisi muatan milik satu shipper
w LCL/LCL (Less than Container Load)
Adalah : container yang berisi muatan milik beberapa shipper

3.  a.  Apa kegunaan peranginan di atas kapal, sebutkan !
         Jawab :
w Mengalirkan udara bersih/kering ke dalam ruang palka
w Mengeluarkan udara lembab, kotor, panas, bau, gas dlsb dari ruang palka
     b.  Ada berapa macam peranginan yang biasa digunakan, sebutkan !
         Jawab : ada 2 macam yaitu sistem alam dan sistem buatan.
c.  Jelaskan dengan gambar salah satu jenis pengetahuan yang anda ketahui!
         Jawab: Dengan meletakkan corong korsel kedua duanya ke bawah angin jadi ruangan tetap dingin karena panasnya diambil. Cara peranginan alam ini tergantung pada udara luar.

                                                      














4. Sebuah kapal berada di Pelabuhan Banjarmasin (daerah permanen tropic) dengan dencity 1,008 dan mempunyai sarat rata-rata 6,477m. Data-data kapal:
Summer displacement        = 15,240,75 ton

TPC rata-rata                       = 18,5 ton

Summer draft                      = 7,325 m
Berapa ton maximum muatan yang dapat dimuat agar nanti di laut tidak over drat ?
Jawab : DWA   = FWA x Bj laut – BJ payau
                                          Bj laut – Bj tawar
                              = S. DisplBj laut – Bj payau
                                40.TPC     Bj laut – Bj tawar      
                              = 15.240,75 x 1,025 – 1.008 = 20,60 x 0,68
                                40 x 18,50    1,025 – 1,000
                              =14,000 cm 
Summer draft =                                       =   731,5 cm

Tropic correction 1/48 x 731,5 cm          =    15,24 cm +

Draft tropic                                              = 746,74 cm

DWA                                                         = 14,00 cm +

Sarat rata-rata setelah muat                 = 760,74 cm

Sarat rata-rata sebelum muat               =  647,7 cm –

Selisih sarat                                             = 113,04 cm

Perubahan berat = 113,04 x 18,50          = 2091,24 ton
Muatan maximum yang dimuat   = 2091,24 ton

5. Sebuah kapal mempunyai sisa daya muat 1200 ton, dek agen disediakan muatan  kapal berupa peti-peti sebanyak 2500 ms ton (i ms ton = 1,08 m3) setiap peti mempunyai volume = 0, 648 m3 dengan berat 304,8 kg
Jelaskan dengan perhitungan, apakah muatan tersebut dapat dimuat seluruhnya ?
Bila tidak, berapa ton sisa muatan yang tidak dapat dimuat ?
Jawab :

Volume yang diperlukan peti        = 2500 x 1,08 m3

                                                       = 2700 m3
SF muatan =     1      x 0,648 m3 = 2,1 m3
                                   0,3048
Volume   = berat x SF
              = 1200 x 2,1 = 2520 m3
Berat = Volume = 2700 = 1285,7 ton
                  SF          2,1
Volume tidak cukup/kurang  = 180 m3
Muatan tidak dapat dimuat semua  = 1285,7 –1200 = 85,7 ton
Muatan yang tidak dapat dimuat  = 85,7 ton


1 komentar: